Wahai Umat Islam !!! Ikutilah Perintah Rasulullah

MediaMuslim.Info – Salah satu kekhususan atau keistimewaan Ahlus Sunnah wal Jama’ah (pengikut Sunnah Rasulullah dan sunnahnya para Shahabat beliau) itu adalah kesungguhan mereka untuk menghidupkan sunnah-sunnah (tuntunan) Rasulullah Shallallahu alaihi Wasallam  di dalam seluruh kehidupan mereka, apakah itu dalam perkara ibadah, muamalah, aqidah, dan dalam seluruh kehidupan mereka secara umum.Mereka selalu berpegang kepada FirmanAllah Subhanahu wa Ta’ala: “Apa saja yang dibawa (diperintahkan) oleh Rosul kepadamu, maka ambillah (kerjakanlah), dan apa saja yang dia larang bagimu, maka tinggalkanlah.” (QS. Al-Hasyr: 7). Al-Hafidz Ibnu Katsir Rahimahullah dalam tafsirnya berkata: “Yakni apa saja yang diperintahkan olehnya, maka kerjakanlah perintah itu. Dan apa saja yang dilarang olehnya, maka jauhilah larangan itu. Sesungguhnya ia memerintahkan pada kebaikan dan melarang dari kejahatan.”

Dan mereka juga selalu berpegang pada sabda Rasulullah Shallallahu alaihi Wasallam  : ” Jika aku telah memerintahkan kepada kalian sesuatu, maka kerjakanlah semampu kalian. Dan apa saja yang telah aku larang, maka jauhilah.” (Muttafaqun ‘alaih).

Konsekuensi dari kedua nash tersebut di atas adalah bahwa Ahlus Sunnah wal Jama’ah itu selalu ingin mentaati segala perintah Rasulullah Shallallahu alaihi Wasallam  , mulai dari perkara yang paling kecil sampai permasalahan yang paling besar, dari perkara yang nampaknya remeh sampai sesuatu yang paling penting. Mereka selalu menghidupkan sunnah-sunnah Rasulullah disaat manusia telah melupakan dan bahkan meninggalkannya. Karena itulah seringkali mereka menjadi terasing di tengah-tengah masyarakatnya.

Ahlus Sunnah wal Jama’ah selalu berusaha menaati segala perintah Rosulullah, menjauhi segala larangannya, membenarkan suatu berita atau khabar yang telah disampaikannya, dan beribadah kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala sesuai dengan tuntunan Rosulullah. Mereka selalu mengambil semua yang datang dari Rosulullah dalam kehidupan sehari-hari, karena semua yang datang dari Rosulullah adalah Al-Haq (kebenaran) dan barang siapa yang mengikuti dan mematuhinya niscaya akan selamat di dunia dan di akhiratnya. Seperti inilah jalan yang pernah ditempuh Salaf Sholih (generasi pertama ummat Islam ini, yakni para Shahabat Rosulullah, generasi Tabi’in, dan generasi Tabi’ut Tabi’in).

Diriwayatkan dari Abdullah Ibnu Mas’ud bahwa Rosulullah Shallallahu alaihi Wasallam  pernah bersabda: “Allah melaknat wanita–wanita yang mentato dan yang minta ditato, wanita yang mencukur alisnya, serta wanita-wanita yang memasang gigi palsu (yang meratakan gigi) untuk kecantikan dirinya, dan yang merubah ciptaan Allah.” Ibnu Mas’ud bercerita: “Lalu khabar itu  (sabda Nabi tersebut) sampai kepada seorang wanita dari Bani Asad ketika ia berada di rumah, wanita itu bernama Ummu Ya’kub, maka segeralah wanita itu mendatangi Ibnu Mas’ud yang menyampaikan sabda Nabi tadi, lalu wanita itu bertanya: “Aku mendengan engkau mengatakan begini dan begitu ?” Ibnu Mas’ud menjawab: “Bagaimana aku tidak melaknat orang yang dilaknat oleh Rosulullah Shallallahu alaihi Wasallam  dan yang dilaknat dalam Kitabullah (Al-Qur’an) ?!” Wanita itu bertanya lagi: “Sungguh aku telah membaca dengan jelas wahyu yang diturunkan kepada Rosulullah, akan tetapi aku tidak menemukan larangan seperti itu !!” Ibnu Mas’ud menjawab dengan tegas: “Jika engkau telah membacanya, sudah tentu akan menemukannya. Bukankah engkau telah membaca ayat yang berbunyi: “Apa saja yang dibawa (diperintahkan) oleh Rosul kepadamu, maka ambillah, dan apa saja yang dia larang bagimu, maka tinggalkanlah.” (QS. Al-Hasyr: 7)?” Wanita itu berkata: “Sudah tentu aku telah membacanya.” Ibnu Mas’ud menjelaskan: “Itulah ayat yang melarangnya !”  Wanita itu masih berkata lagi: “Tapi aku masih melihat keluargamu mengerjakannya.” Ibnu Mas’ud berkata: “Coba pergilah ke sana dan lihatlah.” Maka wanita itu segera pergi ke sana, namun tidak melihat orang yang ia sangka masih mengerjakannya. Lalu wanita itu mendatangi Ibnu Mas’ud lagi seraya berkata: “Aku tidak melihat sesuatu.” Ibnu Mas’ud berkata: “Kalau bgitu kita telah sepakat!” (yakni larangan dalam sabda Rosulullah Shallallahu alaihi Wasallam  tersebutjuga terdapat dalam Al-Qur’an, pent).

Pembaca yang budiman, lihatlah betapa Ibnu Mas’ud Rodhiyallahu ‘anhu dan juga umumnya para shahabat Rosulullah Shallallahu alaihi Wasallam  berkeyakinan bahwa semua yang diperintah atau dilarang oleh Rosulullah itu juga semuanya terdapat di dalam Al-Qur’an, baik secara umum maupun terperinci penjelasannya. Dan ketahuilah pula, ayat tersebut di atas mencakup setiap hal yang diperintah oleh Rosulullah, seperti: masalah kejujuran, amanah, menepati janji, meninggikan kain sarung atau celana di atas mata kaki, membiarkan jenggot memanjang dan sebagainya. Ini semua termasuk perkara yang pernah diperintahkan oleh Rosulullah kepada kita sekalian. Dan hal tersebut tidak akan berubah sampai hari kiamat !

Syaikh Muhammad bin Jamil Zainu pernah bercerita: “Sejak beberapa tahun yang lalu saya mengajar di Mekkah dan saya selalu menasehati jama’ah haji agar mereka membiarkan jenggot mereka panjang serta mencukur kumis, sebagaimana telah diperintahkan oleh Rosulullah. Ketika saya memberi nasehat seperti itu tiba-tiba ada seorang laki-laki dari jama;ah yang hadir berdiri dan meminta agar saya mengemukakan dalil dari Al-Qur’an yang mewajibkan kaum muslimin memanjamkan jenggotnya dan mencukur kumis, maka saya katakan kepadanya: “Bacalah Firman Allah: “Dan apa saja yang dibawa (diperintahkan) oleh Rosul kepadamu, maka ambillah (kerjakanlah), dan apa saja yang dia larang bagimu, maka tinggalkanlah.” (QS. Al-Hasyr: 7) Dan Rosulullah telah memerintahkan kita agar membiarkan jenggot memanjang!’ Lalu orang tersebut berkata kepada saya “Engkau benar !” Kemudian setelah beberapa hari saya melihat orang tersebut membiarkan jenggotnya memanjang (lihat kitab Kaifa Nafhamu Al-Qur’an karya Syaikh Muhammad bin Jamil Zainu).

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Pos-pos Terbaru

  • Komentar Terbaru

    Siwak Indonesia (@Si… di Keutamaan Bersiwak
    cara ziarah kubur se… di Cara Berziarah Kubur Sesuai De…
    Madrasah Aliyah Keju… di Dimanakah Hati Kita Berla…
    arianto (@suk_ari) di Cara Berziarah Kubur Sesuai De…
    nizhaambiq di Cara Berziarah Kubur Sesuai De…
  • Blog Stats

  • Serba Serbi Tautan


    Susu Kambing Halal
    Tutorial CMS
    MedicRoom
    Food & Drink
    Dede TD
    Global Mediator
    Business And Trade
    KampungBlog.com - Kumpulan Blog-Blog Indonesia
    Religion Blogs - Blog Top Sites
    My Popularity (by popuri.us)
  • RSS Info Sehat

  • Arsip

  • %d blogger menyukai ini: