Sebab-Sebab Ampunan Di Bulan Romadhon

MediaMuslim.InfoManfaatkan dan pergunakan masa hidup kita, kesehatan dan masa muda kita dengan amal kebaikan sebelum maut datang menjemput. Bertaubatlah kepada Alloh Subhanahu wa Ta’ala dengan sebenar-benar taubat dalam setiap waktu dari segala dosa dan perbuatan terlarang. Jagalah fardhu-fardhu Alloh Subhanahu wa Ta’ala dan perintah-perintah-Nya serta jauhilah apa-apa yang diharamkan dan dilarang-Nya, baik pada bulan Ramadhan maupun pada bulan lainnya.

Jangan sampai Anda menunda-nunda taubat, lain Anda pun mati dalam keadaan maksiat sebelum sempat bertaubat, karena Anda tidak tahu apakah Anda dapat menjumpai lagi bulan Romadhon mendatang atau tidak?

Bersungguh-sungguhlah dalam mengurus keluarga, anak-anak dan siapa saja yang menjadi tanggung jawab Anda agar mereka taat kepada Alloh Subhanahu wa Ta’ala dan menjauhkan diri dari maksiat kepada-Nya. Jadilah suri tauladan yang baik bagi mereka dalam segala bidang, karena Andalah pemimpin mereka dan bertanggung jawab atas mereka di hadapan Alloh Subhanahu wa Ta’ala. Bersihkan rumah Anda dari segala bentuk kemungkaran yang menjadi penghalang untuk berdzikir dan shalat kepada Alloh Subhanahu wa Ta’ala.

Sibukkan diri dan keluarga Anda dalam hal yang bermanfaat bagi Anda dan mereka. Dan ingatkan mereka agar menjauhkan diri dari hal yang membahayakan mereka dalam agama, dunia dan akhirat mereka.

Semoga Alloh Subhanahu wa Ta’ala melimpahkan taufik-Nya kepada kita semua untuk amal yang dicintai dan diridhai-Nya. Shalawat dan salam semoga juga dilimpahkan Alloh Subhanahu wa Ta’ala kepada Nabi kita Muhammad, segenap keluarga dan para sahabatnya

SEBAB-SEBAB AMPUNAN DI BULAN RAIMADHAN
Dalam bulan Romadhon banyak sekali sebab-sebab turunnya ampunan. Di antara sebab-sebab itu adalah :

  • Melakukan puasa di bulan ini. Rasululloh shallAllohu ‘alaihi wasallam bersabda: “Barangsiapa puasa Ramadhan karena iman dan mengharap pahala Alloh, niscaya ia diampuni dosanya yang telah lalu.” (Hadits Muttafaq ‘Alaih)

  • Melakukan shalat tarawih dan tahajiud di dalamnya. Rasululloh shallAllohu ‘alaihi wasallam bersabda: “Barang siapa melakukan shalat malam di bulan Ramadhan karena iman dan mengharap pahala Alloh, niscaya diampuni dosanya yang telah lalu. “ (Hadits Muttafaq ‘Alaih)
    Melakukan shalat dan ibadah lain di malam Lailatul Qadar. Yaitu pada sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan. Ia adalah malam yang penuh berkah, yang di dalamnya diturunkan Al-Qur’anul Karim. Dan pada malam itu pula dijelaskan segala urusan yang penuh hikmah. Rasululloh shallAllohu ‘alaihi wasallam bersabda: “Barangsiapa melakukan shalat di malam Lailatul Qadar kavena iman dan mengharap pahala Alloh, niscaya ia diampuni dosanya yang telah lalu “ (Hadits Muttafaq ‘Alaih)

  • Memberi ifthar (makanan untuk berbuka) kepada orang yang berpuasa. Rasululloh shallAllohu ‘alaihi wasallam bersabda: “Barangsiapa yang di dalamnya (bulan Ramadhan) memberi ifthar kepada orang berpuasa, niscaya hal itu menjadi sebab) ampunan dari dosa~osanya, dan pembebasan dirinya dari api Neraka. ” (HR: Ibnu Khuzaimah [dan ia menshahihkan hadits ini], Al-Baihaqi dan lainnya).

  • Beristighfar: Meminta ampunan serta berdo’a ketika dalam keadaan puasa, berbuka dan ketika makan sahur. Do’a orang puasa adalah mustajab (dikabulkan), baik ketika dalam keadaan puasa ataupun ketika berbuka Alloh Subhanahu wa Ta’ala memerintahkan agar kita berdo’a dan Dia menjamin mengabulkannya. Alloh Subhanahu wa Ta’ala berfirman, yang artinya: “Dan Tuhanmu berfirman: “Berdo’alah kepada-Ku, niscaya Aku mengabulkannya untukmu” (QS: Ghaafir: 60), Dan dalam sebuah hadits disebutkan: “Ada tiga macam orang yang tidak ditolak do’anya. Di antaranya disebutkan,”orang yang berpuasa hingga ia berbuka” (HR: Ahmad, At-Tirmidzi, An-Nasaa’i dan Ibnu Majah). (Ibnu Khuzaimah dan Ibnu Hibban dalam kitab Shahih mereka masing-masing, dan At-Tirmidzi mengatakannya hadits shahih hasan.)
    Karena itu, hendaknya setiap muslim memperbanyak, dzikir, do’a dan istighfar di setiap waktu, terutama pada bulan Romadhon, ketika sedang berpuasa, berbuka dan ketika sahur, di saat turunnya Tuhan di akhir malam. Nabi shallAllohu ‘alaihi wasallam bersabda, yang artinya: “Tuhan kami Yang Mahasuci dan Maha tinggi turun pada setiap malam ke langit dunia, (yaitu) ketika masih berlangsung sepertiga malam yang akhir seraya berfirman “Barangsiapa berdo’a kepada-Ku, niscaya Aku kabulkan untuknya, barangsiapa memohon kepada-Ku, niscaya Aku memberinya dan barangsiapa memohon ampunan kepada-Ku, niscaya Aku mengampuninya” (HR: Muslim).

  • Di antara sebab-sebab ampunan yaitu istighfar (permohonan ampun) para malaikat untuk orang-orang berpuasa, sampai mereka berbuka. Demikian seperti disebutkan dalam hadits Abu Hurairah di muka, yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad.

Jika sebab-sebab ampunan di bulan Romadhon demikian banyak, maka orang yang tidak mendapatkan ampunan di dalamnya adalah orang yang memiliki seburuk-buruk nasib. Kapan lagi ia mendapatkan ampunan jika ia tidak diampuni pada bulan ini? Kapan dikabulkannya (permohonan) orang yang ditolak pada saat Lailatul Qadar? Kapan baiknya orang yang tidak menjadi baik pada bulan Romadhon?

Dahulu, ketika datang bulan Romadhon, umat Islam senantiasa berdo’a: “Ya Alloh, bulan Romadhon telah menaungi kami dan telah hadir maka serahkanlah ia kepada kami dan serahkanlah kami kepadanya Karuniailah kami kemampuan untuk berpuasa dan shalat di dalamnya, karuniailah kami di dalamnya kesungguhan, semangat, kekuatan dan sikap rajin. Serta lindungilah kami didalamnya dari berbagai fitnah.

Mereka berdo’a kepada Alloh Subhanahu wa Ta’ala selama enam bulan agar bisa mendapatkan Romadhon, dan Selama enam bulan (berikutnya) mereka berdo’a agar puasanya diterima. Di antara, do’a mereka itu adalah: “Ya Alloh serahkanlah aku kepada Ramadhan, dan serahkan Ramadhan kepadaku, dan Engkau menerimanya daripadaku dengan rela.”

(Sumber Rujukan: Lathaa’iful Ma’aarif, oleh Ibnu Rajab)

< Prev   Next >

 

Iklan

1 comment so far

  1. Dani Addimyath on

    siapakn iman menyambut romadhon, dan raih ampunan dan rahmatN-ya


Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Tulisan Terakhir

  • Komentar Terbaru

    Siwak Indonesia (@Si… di Keutamaan Bersiwak
    cara ziarah kubur se… di Cara Berziarah Kubur Sesuai De…
    Madrasah Aliyah Keju… di Dimanakah Hati Kita Berla…
    arianto (@suk_ari) di Cara Berziarah Kubur Sesuai De…
    nizhaambiq di Cara Berziarah Kubur Sesuai De…
  • Blog Stats

  • Serba Serbi Tautan


    Susu Kambing Halal
    Tutorial CMS
    MedicRoom
    Food & Drink
    Dede TD
    Global Mediator
    Business And Trade
    KampungBlog.com - Kumpulan Blog-Blog Indonesia
    Religion Blogs - Blog Top Sites
    My Popularity (by popuri.us)
  • RSS Info Sehat

  • Arsip

  • %d blogger menyukai ini: